Minggu, 10 Januari 2010

Coklat Ilangin Stres Euuuyyy.........

Sering mengalami stres karena beban pekerjaan? Mungkin Anda sering memilih makan sebagai pelarian. Ada baiknya Anda justru menggigit dan mengunyah cokelat. Karena menurut riset terakhir ternyata cokelat bisa menurunkan kadar hormon stres.

Sejak 11.000 SM bangsa Aztec dan Maya sudah menikmati cokelat sebagai minuman. Cokelat mengandung alkaloids seperti theobromine dan phenethylamine yang secara psikologis memberi efek pada tubuh. Hal ini berkaitan dengan kadar serotonin pada otak.

Para ilmuwan menyatakan bahwa cokelat yang dimakan dalam jumlah tertentu dapat menurunkan tekanan darah. Dark chocolate yang akhir-akhir ini dipromosikan karena manfaatnya bagi kesehatan, termasuk kandungan antioksidan yang bisa mengurangi radikal bebas.

Dalam penelitian yang dilakukan baru-baru ini dibuktikan pula bahwa makan makan permen dark chocolate sebanyak 40 gram per hari selama 2 minggu dapat menurunkan kadar hormon stress cortisol juga 'fight or flight' hormon yang dikenal sebagai catecholamine pada orang yang terkena stres berat.

Penemuan ini menambah sederet manfaat dark chocolate yang sudah dikenal sebelumnya. Para peneliti juga mencoba menggali kandungan dalam dark chocolate yang bisa memberi manfaat bagi kesehatan. Seperti misalnya meningkatkan daya sensitif insulin, menurunkan tekanan darah dan memperbaiki suasana hati.

Di dalam penelitian, para peneliti berusaha meneliti efek memakan 40 gram dark chocolate setiap hari selama 2 minggu pada darah dan air seni 30 orang dewasa yang sehat. Setengah dari cokelat dimakan di pagi hari dan setengah sisanya di sore hari.

Tingkat kecemasan para sample diukur pada awal riset dan darah serta air seni diukur di awal dan di akhir riset. Hasilnya membuktikan bahwa makan dark chocoalte tiap hari dapat menurunkan kadar hormon stress pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan tinggi. Para peneliti juga menemukan bahwa dark chocolate memiliki efek pada metabolisme dan aktivitas mikrobiologis pada usus.

Hasil penelitian ini dilansir oleh Journal of Proteome Research dan riset dilakukan oleh peneliti Nestle Research Center in Lausanne, Switzerland. Jadi tak usah khawatir gemuk karena dark chocolate biasanya tidak mengandung gula tetapi justru lebih banyak mengandung cacao solid yang bermanfaat bagi tubuh. Dari pada makan aneka keripik yang tak mengenyangkan, lebih baik mengunyah cokelat yang enak dan menyehatkan!
Sumber : http://food.detik.com/read/2009/11/25/200251/1248932/294/cokelat-peredam-stres

Tidak ada komentar:

Posting Komentar